Berita Olahraga
Menpora Resmi Luncurkan Logo Baru Kemenpora Lambangkan Semangat, Bergerak, Bersatu Dan Berprestasi
![Logo baru Kemenpora [pemuda]](https://sports.bindo.id/wp-content/uploads/sites/4/2025/04/Logo-baru-Kemenpora-168fd8b0.jpg)
Jakarta, Bindo.id – Secara resmi Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) mengganti logonya.
Lambang yang terdapat pada logo ini mempresentasikan semangat, karakter, dan arah transformasi kelembagaan.
Peluncuran logo baru ini dilakukan di Wisma Kemenpora, Jakarta, Kamis (17/4/2025) oleh Menpora Dito Ariotedjo dan didampingi Wamenpora Taufik Hidayat, Ketua Komisi X DPR-RI Hetifah Sjaifudian, beserta jajaran Kemenpora.
Dito menyebutkan pergantian merupakan bagian dari memunculkan semangat baru di tubuh kementerian.
“Ganti logo ini saya rasa ini adalah simbol bagaimana ingin ada semangat baru. Mungkin bisa dilihat logo baru saat ini semangatnya kelas dunia dan kami ingin bagaimana anak muda dan olahraga kita makin mentas di dunia,” tutur Dito, setelah acara.
Gagasan utama dibalik ide pembuatan identitas visual Kemenpora terdiri dari nilai-nilai karakteristik pemuda serta olahraga.
Elemen utama di logo Kemenpora yang baru yakni api. Api merupakan sebuah elemen sakral bagi pemuda dan olahraga yang bukan saja sebagai energi kehidupan, akan tetapi kesakralannya jadi simbol-simbol penting perjuangan, baik pemuda dan olahraga.
Logo Kemenpora ini terinspirasi dari komitmen pemuda-pemuda bangsa sebagai penggerak yang senantiasa berapi-api, serta inisiasi mereka pada bidang olahraga untuk memperoleh prestasi dan kebanggaan di tingkat dunia.
“Intinya logo tadi secara garis besar bagaimana kobaran apinya yang sangat dinamis dan modern menggambarkan semangat baru kita, semangat, prinsip kita ke depan. Bagaimana Kemenpora harus bergerak bersatu dan berprestasi. Sedangkan untuk warnanya, elemennya banyak tapi intinya bagimana warna ini melambangkan semangat bergerak bersatu dan berprestasi,” ujar Dito.
Menpora juga memastikan pembuatan logo ini tanpa ada pembiayaan sepeserpun. Logo ini berasal dari hasil sayembara yang dilakukan oleh Asosiasi Desainer Grafis Indonesia (ADGI).
“ADGI itu yang selama belasan tahun selalu membuat sayembara logo hari kemerdekaan RI, jadi ini salah satu bagaimana kita ingin memberdayakan anak muda bisa memberikan karya terbaiknya untuk negara, salah satunya dengan membuat logo ini,” kata Dito.
“Mungkin desain grafis bisa bangga lah untuk bisa memberikan kontribusi kepada bangsa kita,” tutur politikus Golkar itu.
Tentang sosialisasi kepada stakeholder olahraga, Dito mengaku mulai hari ini akan dilakukan.
“Sebenarnya ini bukan hal yang ribet, tapi bagaimana saya rasa harus modernisasi lah,” kata Dito.
Ikuti berita terkini dari BINDO di
YouTube, dan Dailymotion